Widayanti Rose

Lahir dan tinggal di Sumenep, saat ini menjadi guru aktif di sebuah SD. Menulis baginya sebuah hobbi yang membawa manfaat. Tulis apapun yang berguna. Karena den...

Selengkapnya
Mengatasi Tombol Power Ponsel yang Rusak

Mengatasi Tombol Power Ponsel yang Rusak

Ponsel kesayangan Anda bermasalah tombol power? Jangan langsung dibawa ke tukang servis ya. Karena dibawa pun kadang tidak akan mendapatkan solusi pemecahannya. Seperti yang saya alami beberapa minggu lalu.

Samsung DUOS J5 jadulku, mengalami masalah di tombol on off. Sulit sekali untuk mematikan ataupun menyalakannya. Sehingga sering kali benda segi empat ini tidak saya matikan untuk waktu lama. Bahkan dicas pun dalam kondisi menyala.

Saya tahu, merecharge hp dalam keadaan hidup sebenarnya tidak baik untuk kesehatannya (hihi). Tapi itu saya lakukan karena hanya dengan cara ini, saya tetap bisa menikmati ‘kehidupan’ dengan segala kenangan di ponsel ini.

Jika saya matikan, akan berpeluh-peluh usahaku dalam menekan tombol power. Beruntung jika bisa nyala, sering kali saya harus pasrah saat tak bisa kuhidupkan lagi.

Jual aja, ganti yang baru.

Ah itu teori klasik. Saya juga bisa saja bilang seperti itu. Pakai lem biru, lempar beli yang baru. Tapi kan urusannya tidak sesimpel itu. Selain butuh tambahan modal, saya termasuk tipe yang setia urusan benda yang saya pakai, tidak melepasnya kecuali dalam keadaan darurat. Contohnya ada sopir yang sedang tak punya hp sama sekali. Ups

Karena bagi saya, kenangan dari benda itu yang tidak bisa saya lupakan. Saya selalu gagal move on untuk urusan ponsel. Apalagi dengan benda mungil inilah, naskah-naskah saya berasal. Tak bisa deh untuk diganti yang baru, kalau ditambah boleh. Ciaha!

Saya sempat mumet memikirkan bagaimana mengembalikan tombol power ponsel saya yang ngadat ini. Saya sempat ke sebuah counter yang menyediakan layanan servis hp, tapi hasilnya membuat saya nyesek.

Tukang servis menolak memperbaikinya, karena untuk membuka tombol, satu-satunya jalan harus melewati layar depan. Itu artinya penuh risiko. Bisa jadi tombolnya dapat diperbaiki, dengan konsekuensi LCD pecah. Karena LCD tipe ini termasuk yang tipis (katanya). Nah... makin mumet kan!

Saya masih kekeh mempertahankan benda kesayangan ini sampai titik lemak terakhir. Makanya saya cari cara supaya bisa dinyalakan saat mati kehabisan batre. Seperti saat itu, batre sudah full tapi tidak bisa dinyalakan.

Kebayang bagaimana nasib foto-foto kecintaan saya di dalamnya. Foto yang tidak saya simpan di memory card, tetapi di ponsel. Jika kemungkinan terburuk tidak bisa dinyalakan, hilanglah harapan saya mengakses senyum manisnya. Huft

Sayapun mencari solusi tombol di mbah gugel. Beberapa cara diperagakan di sana. Saya mulai mengeksekusi cara yang diajarkan.

Percobaan pertama gagal.

Saya tidak pantang menyerah. Mencobanya lagi dan lagi. Setelah percobaan ke sekian kali, akhirnya berhasil.

Yesss! Legalah diriku.

Nah, ini tak bagikan tips untuk menyalakan ponsel yang tombol powernya tidak berfungsi. Hanya dengan recharger, tombol volume dan home.

Caranya :

1. Ambil recharger ponsel

2. Sambungkan dengan listrik

3. Siapkan ponsel Anda

4. Colokkan charger dengan ponsel. Sebelum tampil indikator ‘mengecas’, tekan lama volume bawah (kurangi volume) dan home bersamaan.

5. Akan tampil pilihan volume dan restart.

6. Tekan lagi volume bawah, maka ponsel akan menyala kembali.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Jika setelah dicoba berkali-kali belum juga bisa dihidupkan, bisa jadi memang bukan tombol on offnya. Tapi dari perangkatnya. Segera hubungi tukang servis. Atau tatap foto ini berlama-lama, siapa tau nyala. Haha

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Pengalaman dan pesan di tulisan ini begitu berharga. Saya setuju, semua bukan soal ganti baru...

15 Jan
Balas

Pengalaman dan pesan di tulisan ini begitu berharga. Saya setuju, semua bukan soal ganti baru...

15 Jan
Balas

Kalau mengganti gak siap. kalau nambah, iya. ups

15 Jan
search